Penerapan Strategi Marketing 4.0 Pada Wisata Museum Sepuluh Nopember (Tugu Pahlawan) Surabaya

Tresyanto, Citra Anggraini and Ayu, Stephanie Astrid (2020) Penerapan Strategi Marketing 4.0 Pada Wisata Museum Sepuluh Nopember (Tugu Pahlawan) Surabaya. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 09 (04). pp. 301-315. ISSN 2337-3067

[img] Text
EEB/article/view/58754 - Published Version

Download (24kB)
[img] Text
HASIL SIMILARITY1-PENERAPAN STRATEGI MARKETING 4.0 PADA WISATA MUSEUM.pdf

Download (801kB)
Official URL: https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/...

Abstract

Paradigma sebagian masyarakat yang menganggap bahwa museum kurang baik, salah satu faktor masyarakat kurang berminat berkunjung ke museum Sepuluh Nopember. Seharusnya dengan adanya kecanggihan teknologi, hal ini bukan menjadi penghalang untuk terus menginformasikan keberadaan Museum Sepuluh November, terlebih lagi di kalangan remaja masa kini, yang mana dunianya sudah sangat dekat dengan perkembangan Teknologi Informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah lebih agresif lagi memperkenalkan keberadaan museum Tugu Pahlawan dengan menerapkan Strategi Marketing 4.0 yang berfokus pada penerapan 5A (Aware, Appeal, Ask, Act, Advocate). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi lapangan dan studi kepustakaan. Data primer penelitian ini dari pengamatan dan wawancara kepada masyarakat dan petugas museum serta informan lain yang diperlukan untuk memperoleh gambaran lebih lengkap, sedangkan data sekunder penelitian ini olahan data dari petugas museum. Hasil penelitian ini meningkatkan kungjungan perlu informasi keberadaan museum, memberi program yang menarik, petugas harus mampu menjawab pertanyaan baik dan mudah dipahami pengunjung, masyarakat diberi informasi yang sesuai dan mempromosikan museum melalui sosial media.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tourism; museum; marketing strategy; social media
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi Manajemen
Depositing User: Citra Anggraini Tresyanto
Date Deposited: 28 Jan 2021 06:51
Last Modified: 04 Jul 2023 09:31
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item