ANALISIS STRATEGI PT. ABC DENGAN MENGGUNAKAN SWOT DAN BMC

Wibowo, Dela Putri (2024) ANALISIS STRATEGI PT. ABC DENGAN MENGGUNAKAN SWOT DAN BMC. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Darma Cendika.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Industri audio dan elektronik terus berkembang pesat, terutama dengan meningkatnya permintaan akan produk berkualitas tinggi yang mendukung pengalaman audio yang superior. Banyak pemain baru menawarkan produk dengan teknologi baru dan harga kompetitif. Strategi pemasaran yang digunakan saat ini dinilai kurang efektif dalam menjangkau segmen pasar yang luas, apalagi di era digital dimana internet marketing bisa menjadi kunci sukses perusahaan. Analisis Strengths-Weaknesses-Opportunities- Threats (SWOT) yang komprehensif dan didukung oleh data dari karyawan dan pelanggan akan menjadi dasar yang kuat untuk pengambilan keputusan strategis yang lebih baik. Analisis SWOT ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu analisis Lingkungan Usaha, tahap input, tahap pencocokan, tahap keputusan. Matriks IFE memiliki total skor bobot tertimbang 1,998, sedangkan Matriks EFE total skor tertimbang menunjukkan 3,14. Hasilnya menempatkan PT. ABC pada kuadran III “Hold and Maintain” yang menunjukkan situasi di mana perusahaan memiliki yang posisi yang stabil namun perlu fokus pada mempertahankan dan memperkuat posisinya di pasar. Analisis SWOT ini menggunakan pembobotan Analytical Hierarchy Process (AHP).Strategi terbaik menggunakan AHP dan brainstorming dengan pihak manajemen, diperoleh 5 strategi dengan nilai prioritas tertinggi adalah SO1 (0,336), ST3 (0,130), SO2 (0,128), WT3 (0,091) dan SO3 (0,050). Berdasarkan analisis SWOT, ditemukan strategi baru untuk memperbaiki model bisnis yang lama pada PT. ABC dengan metode Business Model Canvas (BMC). Terdapat 9 elemen bahan pertimbangan perbaikan BMC yang mampu mengoptimalkan model bisnis perusahaan agar lebih efektif dan efisien. Maka dari itu, hasil strategi penelitian ini perlu diimplementasikan secara berurutan berdasarkan prioritas untuk memastikan keberhasilan jangka panjang dan keberlanjutan bisnis perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAndrian, DavidNIDN0701078403david.andrian@ukdc.ac.id
Thesis advisorDewantoro, Albertus DaruNIDN0706048101albertus.daru@ukdc.ac.id
Uncontrolled Keywords: AHP, SWOT, BMC, PT.ABC
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Industri
Depositing User: Users 391 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:04
Last Modified: 22 Aug 2024 04:04
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1894

Actions (login required)

View Item View Item