IMPLEMENTASI CHARACTER RECOGNITION DENGAN METODE TEMPLATE MATCHING DAN ALGORITME ZHANG SUEN THINNING PADA RANCANG BANGUN GAME EDUKASI UNTUK ANAK DISLEKSIA

Oktaviani, Yohana Christela (2024) IMPLEMENTASI CHARACTER RECOGNITION DENGAN METODE TEMPLATE MATCHING DAN ALGORITME ZHANG SUEN THINNING PADA RANCANG BANGUN GAME EDUKASI UNTUK ANAK DISLEKSIA. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Darma Cendika Fakultas Teknik.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Disleksia merupakan salah satu bentuk gangguan belajar spesifik yang mengacu pada masalah perkembangan neurologis dimana otak kiri yang berkaitan dengan kemampuan berpikir linear dan berbahasa memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan anak pada umumnya, sehingga menyebabkan anak mengalami kesulitan membaca. Prevalensi disleksia di dunia berkisar antara 5-20% dan didominasi oleh anak pada usia sekolah. Sedangkan, di Indonesia sendiri, prevalensi disleksia pada anak berada pada rentang 3-10% pada skala internasional. Jika pada usia sekolah, anak memiliki kesulitan dalam membaca, anak akan merasa tertekan dan kehilangan motivasi belajar, sehingga akan berdampak buruk pada prestasi anak di sekolah. Jika gangguan ini dibiarkan, maka anak akan tertinggal pelajaran, bahkan dapat menyebabkan anak tinggal kelas. Oleh sebab itu, anak dengan gangguan disleksia perlu diberikan intervensi sedini mungkin untuk meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa. Penelitian ini mengusulkan media intervensi yang dibangun dalam bentuk game edukasi yang mengimplementasikan Character Recognition menggunakan Metode Template Matching dengan Algoritme Zhang Suen Thinning dan dirancang menggunakan metode pembelajaran multisensori Gillingham-Stillman. Game edukasi ini akan melewati 3 tahap pengujian, yakni evaluasi pakar, Black box Testing, serta Usability Testing. Penelitian ini juga dilakukan dengan menerapkan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan metode One Group Pretest Posttest Design untuk meninjau pengaruh game edukasi terhadap kemampuan membaca anak disleksia. Tahap pengujian aplikasi dilakukan terhadap 15 anak disleksia berusia 6-8 tahun dengan hasil yang menunjukkan bahwa model Character Recognition yang telah dibangun mampu mengenali citra karakter dan melakukan pencocokan citra dengan hasil akurasi rata-rata sebesar 76.14%. Hasil pengujian internal Black box Testing pada setiap fitur halaman berhasil berjalan dengan baik dan benar, evaluasi dan validasi media dan materi yang dilakukan oleh pakar menunjukkan hasil persentase validasi media sebesar 98.80% dan persentase validasi materi sebesar 88.89%. Selain itu, hasil pretest menunjukkan hasil nilai rata-rata sebesar 29.4 dari 35 dengan standar deviasi sebesar 3.07. Sedangkan hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 33.3 dari 35 dengan standar deviasi sebesar 2.15. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa posttest > pretest yang artinya game edukasi Abiba mampu meningkatkan kemampuan anak disleksia dalam mengenal huruf, membaca, dan menulis dengan persentase kenaikan nilai sebesar 13.27%. Hasil Usability Testing juga menunjukkan hasil persentase yang sangat baik dengan persentase nilai sebesar 86.2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKristianto, Ryan PutrandaNIDN0610522ryan@ukdc.ac.id
Uncontrolled Keywords: Disleksia, Character Recognition, Metode Template Matching, Algoritme Zhang Suen Thinning
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Ilmu Informatika
Depositing User: Users 384 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:37
Last Modified: 16 Aug 2024 08:10
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1841

Actions (login required)

View Item View Item