Cahyono, Natasya Angelina (2024) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP KEHILANGAN BARANG DI RESTORAN HOTEL BERDASARKAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Darma Cendika Fakultas Hukum.
Text (ABSTRAK)
COVER & SURAT PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR BACAAN.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen pengguna jasa pelayanan yang mengalami kerugian kehilangan barang. Salah satu jasa yang diperdagangkan yakni restoran di hotel berbintang. Dalam menjalankan usaha, pelaku usaha memerlukan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dan sebaliknya konsumen membutuhkan pelaku usaha untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu, terjadilah hubungan hukum yang terjadi ketika konsumen mempergunakan jasa yang ditawarkan oleh pelaku usaha karena adanya hak dan kewajiban yang harus diterima dan diberikan dari masing-masing pihak. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian yuridis normatif yang dianalisis dengan menggunakan data sekunder yang bersumber pada bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Pengaturan hukum terkait dengan perlindungan konsumen telah diatur di dalam UU tentang Perlindungan Konsumen. Perlindungan hukum berupa 2 jenis yakni preventif yakni pencegahan dan represif yakni memulihkan ke keadaan semula dengan adanya lembaga ataupun badan seperti LPKSM, BPKN, dan BPSK. Pertanggungjawaban yang diberikan berdasarkan UU Perlindungan Konsumen berupa sanksi administratif seperti ganti rugi. Upaya dari konsumen sendiri juga untuk mendapatkan ganti rugi terhadap kerugian yang dialami dapat dilakukan secara litigasi/non-litigasi. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa perlindungan hukum yang diberikan konsumen telah ada dan diatur yang dapat dilihat dari badan atau lembaga penyelesaian sengketa konsumen yang dibentuk selain itu menunjukan pertanggungjawaban kepada konsumen yang dilihat dari berbagai prinsip. Kata kunci : Konsumen, Perlindungan Hukum, Pertanggungjawaban
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Konsumen, Perlindungan Hukum, Pertanggungjawaban | ||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum | ||||||||
Depositing User: | Users 348 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2024 08:35 | ||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2024 08:35 | ||||||||
URI: | http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1831 |
Actions (login required)
View Item |