Analisis Strategi Pemasaran dalam UKM Sepatu di Wedoro dengan menggunakan metode SWOT dan QFD

Aldion D., Panji Bagus (2017) Analisis Strategi Pemasaran dalam UKM Sepatu di Wedoro dengan menggunakan metode SWOT dan QFD. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Darma Cendika Fakultas Teknik.

[img] Text
TA Panji Bagus-Cover Abstrak_archive.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TA Panji Bagus-Bab I & II_archive.pdf

Download (858kB)
[img] Text
TA Panji Bagus-Bab III & IV & V_archive.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
TA Panji Bagus-Bab VI & Dapus_archive.pdf

Download (664kB)
[img] Text
TA Panji Bagus-Lampiran_archive.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repositori.ukdc.ac.id/

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) mempunyai peran penting dan strategis bagi pertumbuhan ekonomi negara, baik negara berkembang maupun negara maju. Wedoro adalah sebuah desa di wilayah kecamatan Sidoarjo Jawa Timur menjadi sentra pengrajin sepatu dan sandal yang lokasinya berbatasan dengan kelurahan Kutisari kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya..Desa Wedoro tidak hanya menarik bagi konsumen tetapi juga menjadi obyek wisata belanja sepatu dan sandal ini. Banyak faktor yang membuat para pengrajin menutup toko-tokonya yaitu tidak memiliki strategi yang bagus, dan beberapa UKM masih menampilkan sepatu yang ketinggalan tren saat ini dan lebih mengarah dengan perkembangan produk. Strategi pemasaran adalah suatu wujud rencana yang terurai dibidang pemasaran. strategi pemasaran ini mempunyai ruang lingkup yang luas di bidang pemasaran diantaranya adalah strategi dalam menghadapi persaingan, strategi harga, strategi produk, strategi pelayanan dan sebagainya. Analisis SWOT merupakan identifikasi berbagai faktor internal perusahaan dan faktor eksternal yang mempengaruhi potensi bisnis dan daya saing perusahaan. QFD adalah metodologi terstruktur yang digunakan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian yang akan dilakukan ini mengenai strategi pemasaran dalam UKM tidak hanya mengunakan metode SWOT tetapi juga akan berusaha dapat mengembangkan produk di sentra UKM Wedoro tersebut dengan metode QFD. Hasil alternatif strategi SWOT UKM Lina Collection:meningkatkan model sepatu kulit yang memiliki model lebih baru lagi dan tidak ketinggalan tren saat ini, sepatu kulit dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau, meningkatkan kerjasama dengan pengrajin dalam harga dan model berbeda dari yang lain. Ada 3 tingkat karateristik teknik yang dianggap paling penting dari hasil analisis ouput QFD adalah ketebalan kulit (12.09), lebih rapi keadaan di UKM (10.57), dan meningkatkan jenis kulit dan bahan (10.25).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisor., LukmandonoNIDN0710047501UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Usaha Kecil dan Menegah (UKM),SWOT, QFD.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Industri
Depositing User: Veryna Atniera
Date Deposited: 29 Jun 2020 07:12
Last Modified: 29 Jun 2020 07:12
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item