Wahyudiono, Wahyudiono and Widyastuti, Maria and Aminatuzzuhro, Aminatuzzuhro (2019) Perekayasaan Sosial: Model Pengembangan Usaha Sektor UMKM Kawasan Wisata Religi Di Jawa Timur. Putra Media Nusantara Surabaya, Surabaya. ISBN 978-602-1187-83-8
Text
Cover_Model Pengembangan Usaha Sektor UMKM.pdf Download (661kB) |
|
Text
Daftar Isi_Model Pengembangan Usaha Sektor UMKM.pdf Download (237kB) |
|
Text
Model Pengembangan Usaha Sektor UMKM+cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Peer Review_Perekayasaan Sosial Model Pengembangan.pdf Download (286kB) |
|
Text
Hasil Similarity_Perekayasaan Sosial Model Pengembangan Usaha Sektor UMKM Kawasan Wisata Religi.pdf Download (22MB) |
Abstract
Pengembangan usaha sektor UMKM di Indonesia masih belum menyentuh aspek organisasi dan manajemen yang memadai, walaupun jumlah pelaku UMKM sangatlah besar namun upaya mensinergikan sumberdaya ekonomi belumlah optimal untuk mengelola pangsa pasar domestik maupun pasar global, oleh karena itu perlunya optimalisasi kemitraan stakeholder dan sinergi sumberdaya masyarakat untuk pengembangan usaha sektor UMKM, agar sektor ini mampu memberi kontribusi riil bagi perekonomian masyarakat. Kemitraan stakeholder yang terdiri unsur birokrasi, pelaku bisnis dan perguruan tinggi merupakan unsur pemangku kepentingan yang seharusnya memberi kontribusi riil dalam pengembangan usaha sektor UMKM, namun hingga sekarang masih belum optimal perannya dalam meberikan nilai tambah ekonomis bagi sektor UMKM. Penguatan sumberdaya ekonomi harus disinergikan untuk mendorong dan memacu tumbuh berkembangnya usaha UMKM, agar sektor ini memiliki model pengembangan usaha yang efektif dan layak, oleh karena itu perlunya mengoptimalkan kemitraan stakeholder dalam pengembangan program klinik konsultasi manajemen, pelatihan manajemen usaha UMKM, pendampingan hasil pelatihan, akses sumberdana dan pengembangan keberlanjutan usaha UMKM. Buku ini lebih memfokuskan kajiannya tentang kemitraan stakeholder, penguatan kelembagaan, penguatan fungsi manajemen serta pemanfaatan teknologi informasi agar pengembangan usaha sektor UMKM memiliki model yang memadai sebagai rujukannya, sehingga kedepannya sektor ini mampu mengembangkan usahanya dengan cara yang efektif sekaligus menciptakan daya saing yang kuat dalam menghadapi persaingan global dan masuk era industri digital.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Maria Widyastuti |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 07:35 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 05:17 |
URI: | http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1308 |
Actions (login required)
View Item |