Analisis User Interface Untuk Mengetahui Trend Product Di Toko Online

Bellanov, Agrienta (2020) Analisis User Interface Untuk Mengetahui Trend Product Di Toko Online. Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah, 6 (2). pp. 236-243. ISSN P-2460-898X | E-2714-6235

[img] Text
Analisis User Interface Untuk Mengetahui Trend Product Di Toko Online.pdf

Download (456kB)
[img] Text
HASIL SIMILARITY_Analisis User Interface Untuk Mengetahui Trend Product Di Toko Online.pdf

Download (668kB)
Official URL: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/art...

Abstract

Bisnis Online Shop merupakan bisnis yang sedang digemari oleh masyarakat. Bisnis ini dapat dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan modal besar untuk melakukan bisnisnya. Seiring dengan perkembangan toko online yang semakin pesat, pelaku bisnis dihadapkan pada tingkat persaingan yang semakin ketat. Tidak sedikit pelaku bisnis yang gagal hingga memutuskan untuk menutup toko online miliknya karena tidak mampu bertahan. Analisis korespondensi ini kemudian dapat menjadi salah satu metode yang dapat digunakan untuk membantu para pengelola toko online untuk menentukan jenis produk apa yang harus ditawarkan agar dapat menarik perhatian konsumen. Dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan web scraping pada halaman muka dari salah satu marketplace ternama yakni Shopee, untuk kemudian penulis dapat menarik informasi jumlah penjualan dan harga produk dari setiap jenis produk atasan wanita, seperti Tunik, Dress, Kemeja, Sweater, dan Blouse. Berdasarkan perhitungan menggunakan analisis korespondensi nantinya ditemukan jenis produk atasan wanita apa yang paling laris jika dilihat dari jumlah penjualan dan harga yang ditawarkan. Dari hasil perhitungan, ditemukan bahwa produk yang paling laris jika dilihat dari jumlah penjualan adalah jenis atasan sweater dengan range penjualan sebanyak 5000-10000 produk, dan jika dilihat dari harga, produk atasan wanita sweater yang paling laris dengan range harga pada Rp.10.000-Rp.30.000. Kata kunci: Analisis Korespodensi, Web Scraping, Shopee

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Korespodensi, Web Scraping, Shopee
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Industri
Depositing User: Agrienta Bellanov
Date Deposited: 16 Jan 2023 09:12
Last Modified: 16 Jan 2023 09:12
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item