Analisa Penentuan Harga Jual Produk Coffee Table Menggunakan Metode Cost Plus pricing Pendekatan Full Costing PT. Dantrindo di Sidoarjo

Kristinah, Devi Oktavia (2021) Analisa Penentuan Harga Jual Produk Coffee Table Menggunakan Metode Cost Plus pricing Pendekatan Full Costing PT. Dantrindo di Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Darma Cendika Fakultas Ekonomi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I - II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III - IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB V - DAPUS.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
Official URL: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1120

Abstract

Metode penentuan harga jual produk dari PT. Dantrindo hanya berdasarkan perkiraan dengan berdasarkan pada faktor segmentasi pasar dan kompetitor serta tidak adanya penentuan markup secara khusus dalam harga jual produk sehingga perlu adanya evaluasi terhadap perhitungan yang dilakukan oleh perusahaan.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penentuan harga jual produk coffee table menggunakan metode cost plus pricing pendekatan full costing jika diterapkan pada PT. Dantrindo di Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di PT. Dantrindo yang beralamat di Jalan Muncul Nomor 5-7, Keboansikep, Gedangan, Sidoarjo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus dengan pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisa data yaitu dengan: mengidentifikasi biaya produksi dan biaya non produksi, menghitung setiap komponen biaya produksi dan biaya non produksi, menyusun perhitungan harga pokok produk dengan metode full costing, menghitung harga jual dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing, menghitung laba yang diharapkan perusahaan, menghitung persentase markup, mengidentifikasi persamaan dan perbedaan konsep perhitungan menurut perusahaan dengan menurut metode cost plus pricing pendekatan full costing, menghitung dan membandingkan harga jual produk menurut perusahaan dengan menurut metode cost plus pricing pendekatan full costing, melakukan pembahasan, analisis dan memberikan simpulan serta saran terhadap harga jual per unit produk coffee table. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara perhitungan harga jual produk menurut perusahaan dengan menurut metode cost plus pricing pendekatan full costing dengan selisih sebesar 1,14% per unit produk coffee table. Perbedaan tersebut disebabkan oleh penentuan harga jual produk coffee table hanya berdasarkan perkiraan dan tidak adanya penentuan markup secara khusus didalamnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWawolangi, Jeanne A.NIDN0707015701UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Harga Pokok Produk, Harga Jual Produk, Cost Plus Pricing Pendekatan Full Costing.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi Akuntansi
Depositing User: Tegar Wiratama
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:02
Last Modified: 21 Apr 2022 12:02
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1120

Actions (login required)

View Item View Item