SOSIALISASI PENGGUNAAN AKUN MARKETPLACE BAGI USAHA KECIL DI CEMANDI SERTA PEMASANGAN PAPAN NAMA JALAN DI SEPANJANG, SIDOARJO, JAWA TIMUR

Authors

  • Stephanie Astrid Ayu Universitas Katolik Darma Cendika
  • Martina Ningtyas Universitas Katolik Darma Cendika

DOI:

https://doi.org/10.46306/jabb.v2i1.96

Keywords:

MARKETPLACE, USAHA KECIL, SOSIALISASI, Papan Nama, Small Business, Signage

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu program kerja mahasiswa sebagai sarana pembelajaran dalam mengimplementasikan keterampilan untuk hidup bermasyarakat. Program kerja Pengabdian Masyarakat merupakan program wajib yang diselenggarakan oleh Universitas. Melalui program kerja Pengabdian Masyarakat, diharapkan mahasiswa dapat mengelola dan bekerja sama dengan semua unit terkait dalam upaya mewujudkan program kerja yang bermanfaat bagi masyarakat di tempat terselenggaranya program Pengabdian Masyarakat. Kondisi pandemic Covid-19 berdampak pada perubahan sistem dalam pelaksanaan program pengabdian masyarakat. Program kerja kelompok 7 UKDC dilaksanakan di 2 lokasi. Lokasi ditentukan dengan berdasarkan pada jarak lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal anggota kelompok Pengabdian Masyarakat. Lokasi Pengabdian Masyarakat Kelompok 7 berada di lingkungan Perumahan Griya Kartika Cemandi Kecamatan Sedati dan di Gang Cendrawasih RT 09 RW 06 Sepanjang, Kecamatan Taman, Sidoarjo.Program kerja pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu warga Griya Kartika dalam memasarkan dan mengelola usaha warga dalam bidang kuliner dengan memanfaatkan akun marketplace yang saat ini menjadi trend dalam dunia perkulineran. Program kerja di lokasi yang kedua, yaitu di Gang Cendrawasih RT 09 RW 06 Sepanjang, Kecamatan Taman, Sidoarjo  adalah membantu warga dalam pembuatan papan nama jalan serta papan nomor rumah dalam rangka upaya mewujudkan manajemen tata kelola lingkungan tinggal warga. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam 3 tahapan yaitu tahapan awal, tahapan proses dan tahapan akhir. Tahapan awal dilakukan dengan melakukan kunjungan ke rumah warga  RT 22 RW 05 Griya Kartika dan RT 09 RW 06 Sepanjang. Untuk tahapan proses dilaksanakan mulai dari pendataan warga di Griya Kartika untuk pembuatan akun marketplace serta pendataan rumah warga di RT 09 RW 06 Sepanjang terutama rumah warga yang belum memiliki nomor rumah. Selanjutnya proses pelaksaanaan pembuatan akun marketplace dan pembuatan serta pemasangan papan nama jalan dan nomor rumah di RT 09 RW 06 Sepanjang

Downloads

Download data is not yet available.

References

ARIFUDIN, O. (2020). PKM PEMBUATAN KEMASAN, PENINGKATAN PRODUKSI DAN PERLUASAN PEMASARAN KERIPIK SINGKONG DI SUBANG JAWA BARAT. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21. doi:10.36841/integritas.v4i1.514

CILEGON https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Dinamika/article/download/8751/5830

Elburdah, R. P., Haryoko, U. B., Septiani, F., Maduningtias, L., & Krisyanto, E. (2020). PENYULUHAN MANAJEMEN PEMASARAN YANG STRATEGIS DALAM PENGEMBANGAN YAYASAN NURUL IKHSAN. DEDIKASI PKM, 1(1), 121. doi:10.32493/dedikasipkm.v1i1.6067

Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). PELATIHAN PEMANFAATAN MARKETPLACE PADA UMKM DALAM MASA COVID-19. DEDIKASI PKM, 2(2), 206. doi:10.32493/dedikasipkm.v2i2.9765

Gampong Yub mee KKN Unsyiah p279 Penomoran rumah warga diakses pada 20.05.2021 http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/yubmee9/program-kelompok/bidang-pembangunan/penomoranrumah-warga/

Hayati, F. A., Asmalah, L., Arianto, N., Kencana, P. N., & Noviyanti, I. (2020). PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN DIGITAL PADA WARGA BELAJAR PKBM INSAN KARYA. DEDIKASI PKM, 1(3), 62. doi:10.32493/dedikasipkm.v1i3.6688

Hendra, D., Merati, A., Aprilliani, S., Afandi, M. F., & Nardiono, N. (2020). PERANCANGAN DAN PENERAPAN E-MARKETPLACE UNTUK USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN DEPOK JAYA. DEDIKASI PKM, 1(1), 60. doi:10.32493/dedikasipkm.v1i1.6056

Media Sinergi fungsi dan tips membuat plang nama jalan July,16 2019 diakses pada 17.05.2021 https://sinergimedia.co.id/plang-nama-jalan/

Nora Pitri Nainggolan, & Intan Utna Sari. (2020). PEMBINAAN DAN PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA HOME INDUSTRI MASYARAKAT TANJUNG GUNDAP. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 267–275. doi:10.46306/jabb.v1i2.31

Puspaningtyas, A., & Halik, A. (2020). PKM Pengembangan Sumberdaya Manusia untuk Pemasaran Online Usaha Kecil Menengah “Kedurus Sejahtera” Surabaya. Society, 1(1), 14–17. doi:10.37802/society.v1i1.90

Wahyuni Nuraida, Ade Irman Saeful Mutaqin , Akbar Gunawan PENGENALAN DAN PEMANFAATAN MARKETPLACE E-COMMERCE UNTUK PELAKU UKM WILAYAH

Zulkarnain, I., Setiawan, T. H., Syamtoro, B., Nurhamdi, M., & Octaviani, I. S. (2020). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN USAHA KECIL DAN MENENGAH WARGA DEPOK JAYA. DEDIKASI PKM, 1(1), 86. doi:10.32493/dedikasipkm.v1i1.6060

Published

2021-06-19

How to Cite

Stephanie Astrid Ayu, & Martina Ningtyas. (2021). SOSIALISASI PENGGUNAAN AKUN MARKETPLACE BAGI USAHA KECIL DI CEMANDI SERTA PEMASANGAN PAPAN NAMA JALAN DI SEPANJANG, SIDOARJO, JAWA TIMUR . Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.46306/jabb.v2i1.96