MENJAGA DAN MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN XYZ TERHADAP KEPUASAN PENGGUNANYA: SUATU PENERAPAN ANALISIS DATA STATISTIK

Panji, Wahyu and Halim, Johanes and Purba, Lasman Parulian (2016) MENJAGA DAN MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN XYZ TERHADAP KEPUASAN PENGGUNANYA: SUATU PENERAPAN ANALISIS DATA STATISTIK. In: Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXV. Seminar 25, 2016 . Program Studi MMT-ITS, Surabaya, A-4-1-A-4-12. ISBN 978-602-70604-4-9

[img] Text
Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan, Analisis statistik, Koefisien korelasi_Lasman Parulian Purba.pdf

Download (155kB)
[img] Text
n_Peer review_Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan XYZ terhadap Kepuasan Penggunanya Suatu Penerapan An.pdf

Download (189kB)
[img] Text
n_HASIL SIMILARITY-MENJAGA DAN MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN XYZ TERHADAP KEPUASAN PENGGUNANYA_ SUATU PENERAPAN ANALIS.pdf

Download (790kB)
Official URL: https://mmt.its.ac.id/publikasi/?s=MENJAGA+DAN+MEN...

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah pengelola perpustakaan XYZ sebagai obyek penelitian sudah memenuhi kebutuhan, keinginan dan pelayanan yang sesuai dengan harapan mahasiswa/i program sarjana suatu perguruan tinggi di Surabaya. Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan informasi bagi mahasiswa seputar kualitas pelayanan perpustakaan XYZ. Penelitian ini juga mencurahkan keluhan para mahasiswa/i atas kualitas pelayanan dan fasilitas perpustakaan XYZ. Bagi pengelola perpustakaan penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan perpustakaan, selain dapat di jadikan pertimbangan bagi pengelola mengenai keluhan-keluhan mahasiswa yang akan diprioritaskan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa/i, serta hal-hal yang telah baik dapat dipertahankan terlebih lagi dapat ditingkatkan. Kualitas pelayanan yang akan diteliti adalah pengaruh tangible terhadap kepuasan pengguna perpustakaan XYZ, pengaruh reliability, pengaruh responsiveness, pengaruh assurance, pengaruh emphaty, dan ditambahkan keluhan dan apresiasi terhadap perpustakaan agar dapat diketahui bagian mana yang perlu diprioritaskan untuk perbaikan dan bagian mana yang perlu dipertahankan kualitasnya. Hasilnya adalah sebuah pemahaman mendalam akan data dan analisisnya secara statistik untuk obyek penelitian yang ada yakni variable tangible mempunyai koefesien kolerasi sebesar 0.251 dengan nilai t hitung sebesar 14,906 dengan signifikansi < 0,05. Sehingga variabel tangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Variabel reliability mempunyai koefesien kolerasi sebesar 0,319 dengan nilai t hitung sebesar 19,412 dengan signifikansi < 0,05. Sehingga variabel reliability berpengaruh signifikan dan berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa. Variabel responsiveness mempunyai koefesien kolerasi sebesar 0,297 dengan nilai t hitung sebesar 16,604 dan signifikasinya < 0,05. Variabel assurance mempunyai koefesien kolerasi sebesar 0,206 dengan nilai t hitung sebesar 11,522 dengan signifikansi < 0,05. Variabel emphaty mempunyai koefesien kolerasi sebesar 0,254 dengan nilai t hitung sebesar 15,013 dan signifikansi < 0,05. Hasil analisis data keluhan dan kelebihan layanan perpustakaan menjelaskan bahwa: Keluhan tentang Buku yang tersedia kurang lengkap serta kurang banyak mencapai 34 responden, keluhan tentang Laptop harus diperbaharui serta diperbanyak mencapai 23 responden; kelebihan tentang kerapian penataan buku dan kerapian penempatan fasilitas mencapai 22 responden, kelebihan tentang kepekaan pustakawan terhadap masalah pengunjung mencapai 20 responden. Dari hasil penilaian kuesioner Perpustakaan XYZ telah memiliki perpustakaan yang dinilai cukup baik yaitu dengan hasil 3,84 dari skala 0,00 sampai 5,00.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan, Analisis statistik, Koefisien korelasi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Industri
Depositing User: Lasman Parulian Purba
Date Deposited: 04 Nov 2021 09:11
Last Modified: 11 Jan 2022 09:24
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item