Kunci Sukses 50-INKRE di Jawa Timur

Allo, Surya Putra Taruk and Purba, Lasman Parulian (2011) Kunci Sukses 50-INKRE di Jawa Timur. In: Proceedings 6th National Industrial Engineering Conference 2011. "Industrial Engineering in a Competititve and Borderless World : Logistics and Supply Chain Applications for Disaster Recovery" . JURUSAN TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SURABAYA, Surabaya, pp. 415-420. ISBN 1412-3525

[img] Text
4_k_2011_COVER niec6_COLOUR-1-7_Kunci Sukses INKRE.pdf

Download (545kB)
[img] Text
k_Peer review_Kunci sukses 50-INKRE di Jawa Timur.pdf

Download (191kB)
[img] Text
k_22_Lasman Parulian-HASIL SIMILARITY-Kunci Sukses 50-INKRE di Jawa Timur.pdf

Download (498kB)
Official URL: https://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&s...

Abstract

Usaha Kecil Menengha (UKM) memegang peranan yang penting dalam pertumbuhan ekonomi dan industri suatu negara [1],[4],[5]. UKM penting untuk dikaji karena mempunyai peranan yang krusial dalam pertumbuhan ekonomi. Terhitung hampir 90% dari total usaha yang ada di dunia merupakan kontribusi dari UKM [2],[1]). Selain itu, dapat dikatakan bahwa UKM memiliki peranan terhadap penyerapan tenaga kerja [5]. Paper ini akan memaparkan faktor-faktor apa saja yang menjadi kunci sukses sebanyak 50 (lima puluh) UKM yang berhasil bertahan dalam era krisis dan melewatinya dengan baik sedemikian hingga berhasil setidaknya sampai penelitian ini dilaksanakan, dan berdasarkan pada data perkembangannya dari waktu ke waktu -khususnya di masa yang lalu- perusahaan diduga dapat survive di masa yang akan datang dengan memenuhi kondisi-kondisi yang bersesuaian. Faktor-faktor itu diharapkan akan dapat setidaknya menjadi sebuah informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan yang dapat mendorong dan semakain mempercepat pertumbuhan UKM/ UMKM atau INKRE (industri kreatif) baik sejenis maupun tidak sejenis. Faktor-faktor tersebut telah diperoleh dengan menerapkan analisis atau kajian pada data kuesioner dengan menggunakan perangkat lunak statistika yang cukup dikenal, SPSS. Penelitian ini telah dimulai dengan dilakukannya survei awal untuk melihat kondisi-kondisi UKM di wilayah Tanggulangin, sehingga kemudian dapat diketahui permasalahan-permasalahan yang ada dan dapat dirumuskan permasalahan yang akan diselesaikan dalam penelitian ini. Setelah masalah tersebut dirumuskan, maka dilakukan studi literatur dan wawancara dengan pihak terkait (pemilik UKM) guna memodelkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan UKM. Setelah model terbentuk, maka ditetapkan indikator-indikator untuk masing-masing variabel pada model. Indikator-indikator tersebut digunakan untuk menyusun kuesioner. Pembagian kuesioner dilakukan secara Non Random Sampling, yaitu Purposive Sampling. Seluruh data valid yang diperoleh dari hasil pembagian kuesioner selanjutnya diolah dan dianalisa. Hasil analisis dari pengolahan data ini dapat dijadikan sebagai bahan dalam menarik kesimpulan akhir dari penelitian ini. Data berikut analisisnya menunjukkan bahwa ada 6 (enam) faktor-faktor yang menentukan kesuksesan suatu UKM agar dapat bertahan dan melewati krisis dengan baik, dan dua yang paling dominan yang harus dimiliki oleh UKM adalah faktor usaha (modal, total produksi dan frekuensi promosi) dan faktor pengusaha (Pendidikan Pengusaha dan usia pengusaha).

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: kunci faktor sukses, UKM, analisis faktor
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Industri
Depositing User: Lasman Parulian Purba
Date Deposited: 04 Jun 2021 09:53
Last Modified: 20 Jul 2022 07:40
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item