Hermawan, Sony (2012) Pengaruh Motivasi, Metode Pembelajaran Akuntansi dan Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar bagi Mahasiswa Mata Kuliah Akuntansi Studi Kasus pada Universitas Widya Kartika Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Darma Cendika Fakultas Ekonomi.
Text
COVER, BAB 1, BAB 2 SONY HERMAWAN_archive.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 3, BAB 4 SONY HERMAWAN_archive.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) |
|
Text
BAB 5, DAFTAR PUSTAKA SONY HERMAWAN_archive.pdf Download (277kB) |
Abstract
Universitas Widya Kartika Surabaya merupakan bagian dari salah satu lembaga pendidikan nasional yang juga menyelenggarakan proses pendidikan yang dituntut untuk menghasilkan lulusan akademis yang berprestasi dan siap untuk bersaing dengan para lulusan akademis lain di dalam lapangan pekerjaan. Salah satu usaha yang digunakan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan cara meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar mahasiswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Yang merupakan faktor internal adalah motivasi, dan yang merupakan faktor eksternal adalah metode pembelajaran dan lingkungan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan secara simultan variabel motivasi, metode pembelajaran dan lingkungan terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi Universitas Widya Kartika Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling (sensus) yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Alasan pengambilan teknik ini dikarenakan jumlah populasi yang kurang dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t pada taraf nyata 5%. Hasil dalam penelitian ini adalah variabel motivasi, metode pembelajaran dan lingkungan secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi Universitas Widya Kartika Surabaya, hal ini disebabkan karena dari hasil uji F dan didapatkan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 dan pengujian parsial dengan menggunakan uji t diketahui bahwa diantara variabel motivasi (X1), metode pembelajaran (X2) dan lingkungan (X3) yang mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap prestasi belajar adalah metode pembelajaran (X2) dengan nilai pengaruh sebesar (0,347)=0,120 atau 12%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | motivasi, metode pembelajaran, lingkungan, prestasi belajar | ||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting H Social Sciences > HG Finance |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Prodi Akuntansi | ||||||||
Depositing User: | Galuh Eka Rahmawati | ||||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2020 08:48 | ||||||||
Last Modified: | 02 Jul 2020 08:48 | ||||||||
URI: | http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/339 |
Actions (login required)
View Item |