Analisa Kualitas Layanan Dengan Metode Conjoint Dan Cluster Analysis Untuk Strategi Perbaikan Vertical Fitness Centre

Setiyono, Hendri Gunawan (2016) Analisa Kualitas Layanan Dengan Metode Conjoint Dan Cluster Analysis Untuk Strategi Perbaikan Vertical Fitness Centre. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Darma Cendika Fakultas Teknik.

[img] Text
JUDUL-ABSTRAC_archive.pdf

Download (462kB)
[img] Text
TA Hendri Gunawan-Bab I & II_archive.pdf

Download (623kB)
[img] Text
TA Hendri Gunawan-Bab III & IV & V_archive.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
TA Hendri Gunawan-Bab VI & Dapus_archive.pdf

Download (222kB)
Official URL: http://repositori.ukdc.ac.id/

Abstract

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan prasarana olahrga, khususnya pusat kebugaran (fitness center), mengakibatkan peningkatan pertumbuhan jasa penyedia layanan kebugaran tubuh ini, dan berdampak pada tingginya persaingan penyedia jasa yang sama untuk mendapatkan ataupun mempertahankan pelanggannya. Vertical Fitness Centre ialah salah satu fitness centre yang juga dihadapkan pada masalah yang sama, dimana pada saat ini data jumlah memberships selama 6 bulan terakhir ( November – April 2016 ) menunjukkan penurunan jumlah member dengan rataan 9,2 %. Conjoint dan Cluster Analysis dipilih karena dapat menganalisa kombinasi faktor – faktor yang mempengaruhi kualitas layanan secara statistik dan akurat. Kombinasi level terbaik didapat dari gabungan metode Conjoint Analysis dan Cluster Analysis. Analisa Cluster Analysis menghasilkan 3 cluster, dimana berdasar perhitungan Conjoint Analysis cluster terbaik ialah cluster 1 dengan nilai utilitas - 0,9110 dan nilai kepentingan relatif sebesar 48,52 %, sehingga diketahui kombinasi level terbaik berada pada cluster 1, sementara berdasar pengukuran tingkat kualitas layanan diketahui kualitas layanan Vertical Fitness Centre berada pada kategori “Sedang” dengan nilai rataan total sebesar 3,75. Perancangan strategi perbaikan dilakukan berdasar hasil kombinasi 5 level yang terdapat dalam cluster 1, yaitu Melakukan pembersihan ruangan secara rutin dan berkala, Mengganti karpet lama dan pengecatan dinding ulang, Menambah staff kebersihan, Lebih aktif dalam penggunaan media sosial sebagai sarana informasi promo, produk, dll, Melakukan manajemen perawatan secara berkala, Mengganti perlengkapan / peralatan yang telah berkarat atau tidak layak pakai dengan yang baru, Menambah variasi peralatan fitness yang lebih modern, Melakukan pengawasan kinerja operator oleh owner, Menyediakan kotak saran sebagai sumber usulan sarana perbaikan, Merekrut Personal Trainer berpengalaman, dan membekali operator dengan pengetahuan kesehatan dan Bodybuilding.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWulandari, Lusi Mei CahyaNIDN0719057001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan, conjoint analysis, cluster analysis, nilai utilitas ; kepentingan relatif, strategi perbaikan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Industri
Depositing User: Veryna Atniera
Date Deposited: 29 Jun 2020 07:13
Last Modified: 29 Jun 2020 07:13
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item