Analisis Kualitas Layanan Pengguna Jasa Transportasi Berbasis Online Dengan Metode Conjoint Analysis

Mathilda, Octavia Ezrani (2017) Analisis Kualitas Layanan Pengguna Jasa Transportasi Berbasis Online Dengan Metode Conjoint Analysis. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Darma Cendika Fakultas Teknik.

[img] Text
TA Octavia Ezrani-Cover Abstrak_archive.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TA Octavia Ezrani-Bab I & II_archive.pdf

Download (922kB)
[img] Text
TA Octavia Ezrani-Bab III & IV & V_archive.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
TA Octavia Ezrani-Bab VI & Dapus_archive.pdf

Download (349kB)
[img] Text
TA Octavia Ezrani-Lampiran_archive.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://repositori.ukdc.ac.id/

Abstract

Di era modern transportasi menjadi salah satu penunjang penting dalam kegiatan sehari-hari. Transportasi merupakan sarana perkembangan yang penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi penduduk. Hal ini menyebabkan meningkatnya kebutuhan dari jasa Transportasi Berbasis Online (TBO) yang memprioritaskan keamanan dan kenyamanan. Namun, kenyamanan yang dimiliki TBO masih memiliki beberapa kekurangan. Hal ini terlihat dari beberapa keluhan yang sering terjadi dalam penggunaan TBO. Dalam penelitian ini digunakan metode SERVQUAL untuk menentukan atribut, Conjoint Analysis untuk mengolah data, serta Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP) untuk menetapkan tarif angkutan TBO yang dibandingkan dengan kemampuan dan kemauan pengguna jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut yang dianggap penting terhadap mutu kualitas pelayanan, mengukur level yang dianggap penting dalam menentukan tingkat kepuasan serta menghitung nilai ATP dan WTP. Hasil dari penelitian ini didapatkan atribut yang dianggap penting adalah: empati (31,598%), keresponsifan (27,593%), keandalan (15,179%), bukti fisik (13,406%), jaminan (12,224%). Level yang dianggap penting adalah: perhatian petugas (-.669), waktu menunggu antar kedatangan (-.283), sistem informasi pelayanan (-.250), jaminan keamanan dan keselamatan (-.086), jam operasional (-.040), kelengkapan atribut (-.027). Nilai ATP adalah Rp. 3.011,- dan nilai WTP adalah Rp. 28.183,-. Nilai ATP<WTP yang berarti keinginan pengguna untuk membayar jasa tersebut lebih besar dari pada kemampuan membayarnya, hal ini pengguna disebut captive riders.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisor., LukmandonoNIDN0710047501UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TBO, SERVQUAL, Conjoint Analysis, Ability To Pay, Willingness To Pay
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Industri
Depositing User: Veryna Atniera
Date Deposited: 29 Jun 2020 07:12
Last Modified: 29 Jun 2020 07:12
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item