Pengaruh Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, dan Total Aset Terhadap ROA pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI

Crisnawati, Priska (2019) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, dan Total Aset Terhadap ROA pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Undergraduate thesis, Universitas Darma Cendika Fakultas Ekonomi.

[img] Text
Priska Crisnawati-Cover,Abstrak,Bab I&II_archive.pdf

Download (806kB)
[img] Text
Priska Crisnawati-Bab III&IV_archive.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
Priska Crisnawati-Bab V&Dapus_archive.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Priska Crisnawati-Lampiran_archive.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
Official URL: http://repositori.ukdc.ac.id/

Abstract

Setiap perusahaan selalu berupaya untuk menunjukkan pencapaian yang semaksimal mungkin untuk menjaga eksistensi dalam persaingan bisnis. Menjaga kepercayaan pihak internal maupun eksternal merupakan hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan mempunyai peluang dalam dunia bisnis. Posisi keuangan suatu perusahaan juga sebagai sarana untuk mengkomunikasikan posisi keuangan saat ini. Oleh karena itu perusahaan akan berusaha menghasilkan posisi laporan keuangan yang dalam kondisi baik. Semakin tinggi laba yang diperoleh maka akan mempengaruhi tingkat ROA suatu perusahaan. Ukuran perusahaan, financial leverage, dan total aset memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA. Ukuran perusahaan diukur melalui pertumbuhan penjualan yang akan berpengaruh terhadap laba. Financial leverage diukur dengan debt to equity ratio yaitu perbandingan antara nilai utang dengan modal sendiri perusahaan. Total aset diukur dengan total aset turnover yaitu kemampuan aset perusahaan dalam memenuhi penjualan perusahaan pada periode tertentu. Obyek penelitian yang akan diteliti adalah faktor-faktor yang mempengaruhi ROA. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deduktif. Variabel bebas adalah ukuran perusahaan, financial leverage, dan total aset. Variabel terikat adalah ROA. Ukuran perusahaan diukur melalui pertumbuhan penjualan pada perusahaan. Financial leverage diukur melalui rasio leverage yaitu Debt to Equity Ratio. Total aset diukur melalui total asset turnover. Setiap variabel 1 secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap ROA. Variabel 2 secara parsial memiliki pengaruh terhadap ROA. Sedangakan untuk variabel 3 tidak memiliki pengaruh terhadap ROA. Namun secara simultan variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA. Sehingga H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYuristanti, NadyaNIDN0724017501UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ROA, ukuran perusahaan, financial leverage, total aset, hasil penelitian
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi Akuntansi
Depositing User: Veryna Atniera
Date Deposited: 26 Jun 2020 06:46
Last Modified: 26 Jun 2020 06:46
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item View Item