Perbandingan Metode Net Basis dan Metode Gross Up dalam Perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 Bagi Profesi Dokter pada Miracle Aesthetic Clinic Kertajaya di Surabaya

Kurniawati, Maylani (2019) Perbandingan Metode Net Basis dan Metode Gross Up dalam Perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 Bagi Profesi Dokter pada Miracle Aesthetic Clinic Kertajaya di Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Darma Cendika Fakultas Ekonomi.

[img] Text
Maylani Kuriawati-Cover,Abstrak,Bab I & II_archive.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Maylani Kuriawati-Bab III & IV_archive.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
Maylani Kuriawati-Bab V & Dapus_archive.pdf

Download (173kB)
Official URL: http://repositori.ukdc.ac.id/

Abstract

Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPh Pasal 21) merupakan salah satu komponen pajak pengasilan yang diberlakukan pemerintah di Indonesia dengan spesifikasi pajak yang dikenakan atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lain dengan nama dan dalam bentuk apapun sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, jasa, dan kegiatan yang dilakukan oleh orang pribadi sebagai Subjek Pajak dalam negeri. Penelitian ini dilakukan di Miracle Aesthetic Clinic Kertajaya, dengan sumber penelitian yaitu penghasilan dokter yang termasuk sebagai obyek pajak. Penghasilan dokter yang dikenai pajak PPh Pasal 21 oleh perusahaan yang langsung dipotongkan, memiliki potensi untuk diteliti dengan tujuan mengetahui beberapa alternatif dalam perhitungan PPh Pasal 21 menggunakan Metode Net Basis dan Metode Gross Up sebagai obyek penelitian dalam penulisan skripsi ini. Hasil akhir membuktikan bahwasanya perusahaan dapat menerapkan salah satu kebijakan dari perbandingan kedua metode tersebut sebagai salah satu alternatif untuk lebih menyejahterakan karyawan, khususnya dokter, dalam hal pemberian tunjangan pajak agar pengenaan pajak PPh Pasal 21 tidak memberatkan dokter, dan bagi perusahaan tidak mengalami penurunan laba yang signifikan atas kebijakan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisor., WahyudionoNIDN0718126002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PPh Pasal 21, metode net basis, metode gross up
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi Akuntansi
Depositing User: Veryna Atniera
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:04
Last Modified: 24 Jun 2020 07:04
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item