Panjaitan, Thyophoida W.S. and Indrawati, Lilik (2024) Orientasi Pasar Pada Keunggulan Bersaing dan Kinerja Hotel Bintang 3 di Surabaya. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5 (2). pp. 8387-8397. ISSN Online (2715-792X); Print (2715-7911)
|
Text (Artikel)
Artikel Market Orientasi- Ida-Lilik -Riau.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
|
Text (Cek Similarity)
HASIL SIMILARITY-LILIK INDRAWATI-MARKET ORIENTATION ON COMPETITIVE ADVANTAGE AND PERFORMANCE.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
Text (Korespondensi)
BUKTI dan LINK ARTIKEL Orientasi Pasar Pada Keunggulan Bersaing dan Kinerja Hotel Bintang 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
Abstract
Pemerintah kota Surabaya saat ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan dan mengembangkan keberadaan pariwisata yang ada. Dalam upaya menunjang keberhasilan program pengembangan pariwisata maka perlu dukungan dari berbagai pihak, dimana salah satunya adalah industri perhotelan. Hal tersebut akan mendorong pertumbuhan jumlah hotel yang ada di Surabaya dan salah satu kategori hotel yang mengalami pertumbuhan adalah hotel Bintang 3 di Surabaya. semakin banyaknya berdiri hotel-hotel baru maka tingkat persaingan yang ada akan semakin tinggi dan akan berdampak pada kinerja hotel. Oleh karena itu, hotel melaksanakan kegiatannya berorientasi pada pasar, sehingga akan dihasilkan produk dan pelayanan sesuai kebutuhan, keinginan pelanggan, dan adanya komitmen dari seluruh karyawan yang ada di hotel, serta memiliki keunggulan dalam bersaing. Tujuan penelitian untuk menguji dan menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, serta menguji dan menganalisis pengaruh orientasi pasar dan keunggulan bersaing terhadap kinerja hotel. Responden pada penelitian ini adalah jajaran manajemen Hotel Bintang 3 di Surabaya sebanyak 150 responden. Berdasarkan pengolahan data menggunakan WarpPLS. Hasil penelitian menyatakan bahwa orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Orientasi pasar dan keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja hotel Bintang 3 di Surabaya.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kinerja; Keunggulan Bersaing; dan Orientasi Pasar. |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Prodi Manajemen |
| Depositing User: | Lilik Indrawati |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 04:10 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 04:10 |
| URI: | http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/2537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
