MEMACU PERTUMBUHAN USAHA MELALUI ORIENTASI PEMILIK UMKM KAWASAN WISATA RELIGI DI JAWA TIMUR

Wahyudiono, Wahyudiono and Widyastuti, Maria and Aminatuzzuhro, Aminatuzzuhro (2019) MEMACU PERTUMBUHAN USAHA MELALUI ORIENTASI PEMILIK UMKM KAWASAN WISATA RELIGI DI JAWA TIMUR. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN (SENIMA). OPTIMALISASI PERAN FINANCIAL TECHNOLOGY DI ERA INDUSTRI 4.0., 4 . Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Unesa, Surabaya, pp. 618-629.

[img] Text
248-324-1-PB.pdf

Download (426kB)
[img] Text
peer review memacu pertumbuhan usaha-221.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hasil Similarity_MEMACU PERTUMBUHAN USAHA MELALUI ORIENTASI PEMILIK UMKM KAWASAN.pdf

Download (956kB)
Official URL: http://senima.conference.unesa.ac.id/ocs/index.php...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pembelajaran bisnis dan orientasi pasar pada pertumbuhan usaha. dimana orientasi pemilik tercermin pada variabel pembelajaran bisnis dan orientasi pasar, dimana path analysis dipergunakan untuk menguji data. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang aktif berusaha minamal 15 tahun sampai akhir bulan Desember 2018, berlokasi di kawasan wisata religi, pengelolaan usaha dilakukan oleh pemiliknya. Berdasarkan kriteria diperoleh 76 pelaku UMKM. Hasil path analysis menunjukkan bahwa pembelajaran bisnis dan orientasi pasar secara langsung dan signifikan berpengaruh terhadap pertumbuhan usaha, demikian pula pembelajaran bisnis melalui orientasi pasar secara tidak langsung dan signifikan berpengaruh terhadap pertumbuhan usaha. Hasil penelitian ini memberi makna bahwa orientasi pemilik menentukan tingkat kinerja usahanya. Pembelajaran bisnis dapat memberi pengalaman skill, motivasi, manajemen dan jejaring, demikian pula orientasi pasar mampu memberikan pemahaman pada karakteristik perubahan keinginan selera dan kebutuhan konsumen yang bersifat dinamis, oleh karena itu sensitivitas pemilik terhadap perubahan pasar akan menuntunnya pada perilaku kreatif dan inovatif, serta berupaya untuk menciptakan nilai daya saing berkesinambungan. Orientasi pasar menjadi penentu yang efektif dalam memacu pertumbuhan usaha UMKM, karena secara langsung maupun tidak langsung menjadi mediasi yang efisien dalam memacu pertumbuhan usaha UMKM kawasan wisata religi di Jawa Timur.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: skill; motivasi; manajemen; pertumbuhan; inovasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi Manajemen
Depositing User: Maria Widyastuti
Date Deposited: 10 May 2020 14:20
Last Modified: 20 Mar 2023 08:38
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item