Rancang Bangun Chatbot Menggunakan Sistem Berbasis Aturan Sebagai Media Informasi di Program Studi Ilmu Informatika UKDC

Yodi, Alvinus (2024) Rancang Bangun Chatbot Menggunakan Sistem Berbasis Aturan Sebagai Media Informasi di Program Studi Ilmu Informatika UKDC. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Darma Cendika Fakultas Teknik.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (944kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://repositori.ukdc.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi aplikasi chatbot yang dirancang untuk mendukung mahasiswa Program Studi Ilmu Informatika di UKDC dalam mengakses informasi penting seperti kurikulum, mata kuliah, profil dosen, dan fasilitas pendukung. Proses pengembangan dimulai dengan pengumpulan data melalui studi literatur, dilanjutkan dengan desain aplikasi menggunakan Figma, dan diimplementasikan dengan HTML, CSS, dan JavaScript. Aplikasi kemudian dihosting untuk akses online dan diuji oleh 21 mahasiswa melalui kuesioner berbasis prinsip-prinsip kegunaan Jacob Nielsen. Berdasarkan hasil survei yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa chatbot secara keseluruhan memberikan pengalaman pengguna yang positif. Mayoritas pengguna merasa mudah untuk memahami dan menggunakan chatbot pada percobaan pertama, dengan 61,9% merasa mudah, 14,3% cukup mudah, dan 23,8% sangat mudah. Efisiensi chatbot juga dinilai baik, dengan 57,1% responden merasa tugas dapat diselesaikan dengan mudah, meskipun ada beberapa variasi dalam pengalaman pengguna. Dari segi kemudahan mengingat, 52,4% responden merasa mudah dan 42,9% merasa sangat mudah untuk mengingat cara menggunakan chatbot setelah tidak aktif. Penanganan kesalahan juga menunjukkan hasil positif, dengan 71,4% responden jarang mengalami kesalahan dan 23,8% tidak pernah mengalami kesalahan. Terakhir, tingkat kepuasan pengguna tinggi, dengan 47,6% merasa puas, 23,8% cukup puas, dan 28,6% sangat puas. Meskipun hasil pengujian menunjukkan potensi besar aplikasi, beberapa area perlu diperbaiki, termasuk visibilitas status sistem, kesesuaian antarmuka, kontrol pengguna, konsistensi desain, dan bantuan yang disediakan. Saran perbaikan mencakup peningkatan indikator status, penggunaan bahasa yang lebih sesuai, penambahan fitur kontrol pengguna, perbaikan konsistensi desain, dan penyediaan bantuan kontekstual yang lebih baik. Dengan perbaikan ini, diharapkan aplikasi chatbot dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi pengguna dalam mengakses informasi relevan dan meningkatkan kualitas dukungan yang diberikan kepada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKristianto, Ryan PutrandaNIDN0518059203ryan@ukdc.ac.id
Uncontrolled Keywords: Chatbot, Jacob Nielsen, sistem berbasis aturan, pengalaman pengguna
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Ilmu Informatika
Depositing User: Users 379 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:48
Last Modified: 21 Aug 2024 02:48
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1895

Actions (login required)

View Item View Item