Candra, Robert Natanael (2024) Analisis Sistem Antrian pada Layanan “iColor Apple Service Gubeng - Surabaya 2” dengan Menggunakan Piranti Lunak Arena. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Darma Cendika Fakultas Teknik.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text (BAB 6)
BAB 6-Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong kemajuan pesat dalam teknologi smartphone, termasuk produk-produk dari Apple seperti iPhone, iPad, dan MacBook. Tingginya minat masyarakat terhadap produk-produk ini membawa dampak pada peningkatan kebutuhan layanan purna jual, seperti servis dan perbaikan. iColor iColor Apple Service Gubeng - Surabaya 2 menghadapi masalah antrian panjang dan waktu tunggu yang lama akibat tingginya volume pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan melalui pengembangan model simulasi sistem antrian. Metode yang digunakan adalah simulasi dengan perangkat lunak Arena, berdasarkan data pengamatan selama dua minggu dengan jam operasi 10:00-19:00 WIB. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata kedatangan pelanggan adalah 16 per jam dengan waktu pelayanan rata-rata 24,83 menit. Dengan 7 loket layanan, waktu tunggu rata-rata adalah 32 menit dan waktu total dalam sistem 56,58 menit. Berdasarkan analisis waktu tunggu rata-rata dalam proses pelayanan di iColor Apple Service Gubeng - Surabaya 2, terlihat bahwa sistem usulan kedua lebih efektif dibandingkan dengan sistem usulan pertama dan ketiga. Penurunan rata-rata waktu tunggu antrian mencapai angka terbesar sebesar 78.95% menjadi 25 menit, menunjukkan bahwa modifikasi pada sistem usulan kedua secara signifikan mengurangi waktu tunggu dibandingkan sistem saat ini. Hal ini menegaskan bahwa sistem usulan kedua adalah solusi terbaik untuk meningkatkan efisiensi pelayanan di iColor Apple Service Gubeng - Surabaya 2. Kata Kunci: simulasi sistem, antrian, layanan pelanggan, efisiensi pelayanan, Arena
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | simulasi sistem, antrian, layanan pelanggan, efisiensi pelayanan, Arena | ||||||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Prodi Teknik Industri | ||||||||||||
Depositing User: | Robert Natanael Candra | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Aug 2024 07:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Aug 2024 07:18 | ||||||||||||
URI: | http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1890 |
Actions (login required)
View Item |