Widyastuti, Maria and Hermanto, Yustinus Budi (2021) PENGUATAN MODAL MIKRO SEKTOR INDUSTRI KREATIF MELALUI LITERASI KEUANGAN, PERAN MEDIA SOSIAL DAN PLATFORM FINTECH. Project Report. Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya. (Unpublished)
Text
PENGUATAN MODAL MIKRO SEKTOR INDUSTRI.pdf Download (678kB) |
|
Text
KONTRAK PENELITIAN 2021.pdf Download (2MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN PENELITIAN 2021.pdf Download (271kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. dan termasuk jenis penelitian ekplanatif/asosiatif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini untuk menguji literasi keuangan mikro dan peran media sosial dalam menentukan nilai platform FinTech dan penguatan modal mikro serta menguji platform FinTech dalam menentukan nilai penguatan modal mikro. Penelitian dilakukan pada sentra IKM dengan populasi sebanyak 376 pelaku industri kreatif dilima wilayah kota Jawa Timur (Sidoarjo, Mojokerto, Surabaya, Pasuruan dan Gresik, dengan sampel size sebanyak 65 pelaku IKM dengan metode stratifid random sampling untuk pengambilan datanya. Pengolahan dan analisis data menggunaan Path analysis dilakukan dengan nilai standardize regression yang datanya diolah melalui software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) Versi 22. Hasil uji validitas semua pernyataan kuesnair adalah valid, hasil uji reallibilitas semua variabel reallibel demikian juga dengan pengujian linieritas semua signifikan berarti semua bentuk pengaruh antar variabel dalam model structural adalah linier, dengan demikian linieritas pada path analysis telah terpenuhi. Berdasarkan hasil analisis data literasi keuangan mikro dan peran media sosial berpengaruh signifikan tapi lemah terhadap platform FinTech. Demikian juga variabel literasi keuangan mikro, peran media sosial dan platform FinTech berpengaruh signifikan tapi lemah terhadap penguatan modal mikro. Hasil analisis data pengaruh tidak langsung menunjukkan platform FinTech mampu memediasi pengaruh literasi keuangan mikro maupun peran media sosial terhadap penguatan modal mikro. Sedangkan implikasi penelitian ini adalah literasi keuangan mikro, peran media sosial dan platform Fin Tech dapat dimanfaatkan sebagai pengambilan keputusan yang bijak terhadap akses layanan jasa keuangan sehingga masyarakat dan sector IKM dapat memperoleh layanan secara mudah, cepat dan akurat.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Industri Kreatif, Literasi Keuangan, Media sosial, FinTech dan Penguatan Modal | ||||||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Prodi Manajemen | ||||||||||||
Depositing User: | Maria Widyastuti | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2023 08:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2023 08:34 | ||||||||||||
URI: | http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1507 |
Actions (login required)
View Item |