ANALISIS PERENCANAAN PAJAK PENGHASILAN E-COMMERCE UNTUK PENGUKUHAN PENGUSAHA KENA PAJAK (PKP) PADA PERUSAHAAN DAGANG KEBUTUHAN POKOK DI SURABAYA

Tiara, Jeny Setiawati and Lusy, Lusy (2023) ANALISIS PERENCANAAN PAJAK PENGHASILAN E-COMMERCE UNTUK PENGUKUHAN PENGUSAHA KENA PAJAK (PKP) PADA PERUSAHAAN DAGANG KEBUTUHAN POKOK DI SURABAYA. EDUNOMIKA, 7 (2). pp. 1-13. ISSN 2598-1153

[img] Text
3. 9127-29995-1-PB-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
12. HASIL SIMILARITY-LUSY-ANALISIS PERENCANAAN PAJAK PENGHASILAN E-COMMERCE UNTUK PKP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. Bukti Submit EDUNOMIKA ANALISIS PERENCANAAN PAJAK PENGHASILAN E-COMMERCE UNTUK PKP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
Official URL: https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/articl...

Abstract

Untuk dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak dengan penghasilan sebesar 3,4M dalam setahun. perusahaan menggunakan perencanaan pajak untuk menganalisa keuntungan dan kerugian yang akan terjadi jika perusahaan mengukuhkan dirinya sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP). Pada penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan data-data histori perusahaan selama tahun 2020 hingga 2021. Pada hasil penelitian menghasilkan menggunakan perencanaan pajak menunjukan bahwa perusahaan lebih menguntungkan jika perusahaan dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak, karena perusahaan dapat mengkreditkan pajak masukan dan pajak keluaran serta perusahaan lebih hemat dalam membayar pajakPPH terutang dan PPN. Sehingga pada tahun 2020 berusahaan lebih hemat membayar pajak sebesar Rp 7.074.500, sedangkan pada tahun 2021 perusahaan lebih menguntungkan jika menjadi Non PKP karena lebih hemat sebesar Rp 45.423.850. Namun ada keinginan yang mendorong perusahaan ingin dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak yaitu karena perusahaan ikut serta dalam Mitra Tokopedia Bisnis dan ingin mendirikan website untuk memperluas jangkauan pemasaran. Serta bisa mencari peluang lebih besar sehingga bisa menghemat untuk pembayaran pajak tanpa harus melanggar peraturan pajak. Dapat dianalisa bahwa perusahaan lebih menguntungkan jika dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak karena perusahaan dapat mengkreditkan pajak masukan dan pajak keluaran dalam setiap transaksi. serta perusahaan bisa mengeluarkan faktur pajak dimana nanti bisa saling memotong dan memungut PPh dan PPN dari setiap transaksi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Pajak, Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP), E-Commerce
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi Akuntansi
Depositing User: Lusy Lusy
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:47
Last Modified: 14 May 2024 07:14
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1449

Actions (login required)

View Item View Item