Pengaruh Orientasi Digital dan Pembelajaran Organisasi Terhadap Inovasi Digital di Lembaga Pelayanan Publik

Nugroho, Robertus Adi (2023) Pengaruh Orientasi Digital dan Pembelajaran Organisasi Terhadap Inovasi Digital di Lembaga Pelayanan Publik. Cakrawala Repositori IMWI, 6 (1). pp. 359-379. ISSN 2620-8814

[img] Text
231-Article Text-1309-2-10-20230225.pdf

Download (555kB)
[img] Text
Hasil Similarity_Pengaruh Orientasi Digital Dan Pembelajaran Organisasi Terhadap Inovasi Digital.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://cakrawala.imwi.ac.id/index.php/cakrawala/a...

Abstract

Reformasi pelayanan publik dan birokrasi menjadi proses panjang dalam perjalanan pemerintahan di Indonesia. Reformasi birokrasi dalam perspektif administrasi negara menjadi sebuah kajian menarik, karena memang dalam perkembangannya, reformasi organisasi publik di Indonesia cenderung mengarah kepada pendekatan New Public Management yang mengutamakan outcome, innovation, dan creativity, serta pendekatan New Public Service yang mengutamakan inovasi pelayanan publik. Di era perubahan seperti ini, tenaga kerja di Lembaga Pemerintahan yang melayani publik ditantang untuk memiliki perilaku kerja inovatif dengan memaksimalkan teknologi digital. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa dengan meningkatkan inovasi digital, maka performa organisasi dan sumber daya manusia yang ada di dalamnya juga akan meningkat. Untuk meningkatkan perilaku inovasi digital terdapat berbagai variabel yang harus diperhatikan, diantaranya adalah orientasi digital dan sistem pembelajaran dari organisasi. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk menelaah pengaruh orientasi digital dan pembelajaran organisasi terhadap inovasi digital di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Surabaya. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa orientasi digital dan pembelajaran organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi digital. Penelitian ini memberikan saran bagi manajemen atau pejabat pemerintahan yang bergerak di bidang pelayanan publik agar lebih memperhatikan kembali orientasi dan sistem pembelajaran organisasi agar mampu menunjang perilaku inovasi yang lebih baik dan pada akhirnya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Orientasi Digital, Inovasi Digital, Pembelajaran Organisasi, Inovasi Pelayanan Publik, New Public Service.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi Manajemen
Depositing User: Robertus Adi Nugroho
Date Deposited: 14 Jul 2023 05:02
Last Modified: 14 Jul 2023 05:02
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1438

Actions (login required)

View Item View Item