Penentuan Rekomendasi Strategi Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Delphi

Dewantoro, Albertus Daru (2021) Penentuan Rekomendasi Strategi Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Delphi. Jurnal Teknik Industri Universitas Tri Sakti, 11 (1). pp. 23-29. ISSN 2622-5131

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Similarity.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Korespondesi.pdf

Download (72kB)
Official URL: https://www.trijurnal.trisakti.ac.id/index.php/tek...

Abstract

Peristiwa pandemi Covid-19 menuntut upaya kebiasaan baru dalam berbagai aspek, termasuk dalam proses belajar mengajar di lingkungan instansi Pendidikan. Pembelajaran tatap muka (luring) digantikan secara online atau daring. Pembelajaran daring adalah penggunaan jaringan internet dalam mengakses materi serta berinteraksi dengan pendidik dan pembelajar lain, untuk mendapatkan dukungan proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran daring harus tetap menjamin pemahaman peserta didik terhadap materi, pencapaian capaian pembelajaran serta menanamkan nilai-nilai pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa rekomendasi strategi pembelajaran daring berdasarkan pengalaman yang telah dialami oleh para dosen di Unika Darma Cendika secara terformalisasi pada periode sebelumnya dengan memperhatikan konteks yang terjadi serta sumberdaya yang dimiliki melalui pendekatan metode Delphi. Metode Delphi diharapkan akan mendapatkan rekomendasi strategi formal yang bersifat konsensus secara kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis daring adalah prioritas pertama dalam upaya pengembangan pembelajaran di Unika Darma Cendika. Untuk mendukung prioritas tersebut maka dibutuhkan upaya pengadaan fasilitas dan ruang studio pembelajaran daring serta pelatihan learning manajemen system. Penelitian ini juga menyimpulkan subsidi kuota internet bagi dosen dan mahasiswa bukanlah prioritas yang diupayakan. Memahami dan memanfaatkan flipping classroom sebagai bentuk pembelajaran alternatif juga bukan merupakan prioritas, hal ini dikarenakan dosen masih berfokus pada adaptasi terhadap perubahan paradigma dan situasi yang terjadi. Ditentukannya rekomendasi strategi kualitatif dengan menggunakan metode Delphi, strategi penentu dalam pengembangan pembelajaran daring dapat lebih terformalisasi, lebih sistematis, objektif dan memungkinkan untuk dikendalikan oleh Pendidikan Tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Delphi, Pembelajaran Daring, Strategi Pengembangan, Pandemi Covid 19
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Industri
Depositing User: Albertus Daru Dewantoro
Date Deposited: 01 Feb 2023 08:30
Last Modified: 14 Apr 2023 03:40
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1324

Actions (login required)

View Item View Item