Dewantoro, Albertus Daru (2021) Penentuan Rekomendasi Strategi Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Delphi. Jurnal Teknik Industri Universitas Tri Sakti, 11 (1). pp. 23-29. ISSN 2622-5131
Text
Jurnal.pdf Download (217kB) |
|
Text
Similarity.pdf Download (1MB) |
|
Text
Korespondesi.pdf Download (72kB) |
Abstract
Peristiwa pandemi Covid-19 menuntut upaya kebiasaan baru dalam berbagai aspek, termasuk dalam proses belajar mengajar di lingkungan instansi Pendidikan. Pembelajaran tatap muka (luring) digantikan secara online atau daring. Pembelajaran daring adalah penggunaan jaringan internet dalam mengakses materi serta berinteraksi dengan pendidik dan pembelajar lain, untuk mendapatkan dukungan proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran daring harus tetap menjamin pemahaman peserta didik terhadap materi, pencapaian capaian pembelajaran serta menanamkan nilai-nilai pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa rekomendasi strategi pembelajaran daring berdasarkan pengalaman yang telah dialami oleh para dosen di Unika Darma Cendika secara terformalisasi pada periode sebelumnya dengan memperhatikan konteks yang terjadi serta sumberdaya yang dimiliki melalui pendekatan metode Delphi. Metode Delphi diharapkan akan mendapatkan rekomendasi strategi formal yang bersifat konsensus secara kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis daring adalah prioritas pertama dalam upaya pengembangan pembelajaran di Unika Darma Cendika. Untuk mendukung prioritas tersebut maka dibutuhkan upaya pengadaan fasilitas dan ruang studio pembelajaran daring serta pelatihan learning manajemen system. Penelitian ini juga menyimpulkan subsidi kuota internet bagi dosen dan mahasiswa bukanlah prioritas yang diupayakan. Memahami dan memanfaatkan flipping classroom sebagai bentuk pembelajaran alternatif juga bukan merupakan prioritas, hal ini dikarenakan dosen masih berfokus pada adaptasi terhadap perubahan paradigma dan situasi yang terjadi. Ditentukannya rekomendasi strategi kualitatif dengan menggunakan metode Delphi, strategi penentu dalam pengembangan pembelajaran daring dapat lebih terformalisasi, lebih sistematis, objektif dan memungkinkan untuk dikendalikan oleh Pendidikan Tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Delphi, Pembelajaran Daring, Strategi Pengembangan, Pandemi Covid 19 |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Prodi Teknik Industri |
Depositing User: | Albertus Daru Dewantoro |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 08:30 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 03:40 |
URI: | http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1324 |
Actions (login required)
View Item |