Pengaruh Kualitas pelayanan,Harga,Dan Promosi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pengguna Aplikasi Ojek Online Grab di Surabaya

Natasya, Nathania Prilly (2021) Pengaruh Kualitas pelayanan,Harga,Dan Promosi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pengguna Aplikasi Ojek Online Grab di Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Darma Cendika Fakultas Ekonomi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I - II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB III - IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB V - DAPUS.pdf

Download (281kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1080

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kehidupan manusia, khususnya dalam bidang transportasi. Dalam perkembangan zaman ini masyarakat dituntut untuk dapat melakukan segala sesuatu dengan cepat, praktis dan efisien sehingga tidak tergerus oleh arus perkembangan yang lambat laun makin cepat. Hal tersebut yang melatar belakangi berdirinya aplikasi penyedia jasa transportasi online saat ini, diketahu pula bahwa kini ada beberapa aplikasi penyedia jasa transportasi online yang cukup terkenal dan mampu bertahan ditengah persaingan yang cukup ketat, yaitu aplikasi Grab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen pengguna aplikasi ojek online Grab di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Surabaya baik wilayah Surabaya barat, timur, utara, selatan dan pusat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 180 responden dengan menggunakan metode penentuan sampel dari maholtra dimana jumlah responden ditentukan dari banyaknya indikator kemudian di kali 5. Teknik analisis menggunakan bantuan program perhitungan data SPSS 22 dan warpPLS 7.0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut, seluruh indikator dan variabel dalam penelitian ini dinyatakan valid dengan nilai factor loading dan pearson correlation <0.3 dan nilai cronbach alpha serta composite reliability <0.6. sedangkan pada evaluasi Goodnes of Fit memiliki model fit yang cukup baik dimana hasil p-value untuk Average pathcoeficient , Average Resquared , Average adjusted R-squared adalah masing-masing <0.001 dimana hasil tersebut dapat dikatakan segnifikan saat hasil dari ketiganya adalah <0.05, dengan nilai (APC) = 0.238, (ARS) = 0.510, dan (AARS) = 500. Untuk nilai (AVIF) = 2.438, dan (AFVIF) = 1.800 hasil tersebut dibawah 3.3 sehingga tidak terdapat masalah multikoleniaritas, Goodness of Fit 0,472>0.36 menunjukkan model fit yang baik. Untuk Sympson’s paradox ratio (SPR) =0.857, R-squared contribution ratio (RSCR) = 0,977 yang berarti tidak terjadi masalah dalam suspression model. Sedangkan Statistical suppression ratio (SSR) = 1.000, Nonlinearbivariate causalitydirectionratio (NLBCDR) 1.000 yang berarti sudah memenuhi yang dihasilkan. adapun hasil hipotesis dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai p-value sebesar <0.001, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen p-value sebesar 0.013, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen denga p-value 0.001, harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai p-value sebesar 0.321, promosi tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen denan p-value 0.232. Kepuasan konsumen memediasi secara parsial pengaruh kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen, dan kepuasan konsumen tidak memediasi pengaruh promosi dan harga terhadap loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorInggawati, V. RatnaNIDN0711016102UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi Manajemen
Depositing User: Tegar Wiratama
Date Deposited: 21 Apr 2022 11:27
Last Modified: 21 Apr 2022 11:27
URI: http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item